Friday, December 31, 2004

Pilih-pilih Pahlawan

Banyak sekali pahlawan di dunia ini. Mulai dari yang betulan sampai yang bohongan. Namun terlepas dari itu, setiap orang pastinya memiliki pahlawan tersendiri. Mari kita klasifikasikan beberapa jenis pahlawan yang ada di seantero jagat ini.

1. Pahlawan Beneran

Saya yakin hanya sedikit sekali orang di zaman sekarang yang menghargai pahlawan jenis ini. Padahal dia berjuang mungkin mempertaruhkan nyawa lo.. Misalkan saja pahlawan kemerdekaan Indonesia seperti Pangeran Diponegoro, Sultan Baabullah, Pitung (kalau ada) dan lain sebagainya (jangan minta disebutin satu-satu, soalnya di Indonesia aja udah banyak, apalagi ditabah dari luar negeri).

Dilihat dari perjuangannya kita bisa juga bagi sebagai berikut:
  1. Pahlawan Eksyen, pahlawan ini membela seseorang dalam bentuk pertarungan, ataupun melakukan aksi fisik untuk menyelamatkan orang lain. Contoh: pejuang, atau seseorang yang tiba-tiba melompat mendorong seorang gadis cantik yang mau bunuh diri di rel kereta api (kalau mau melihat pahlawan ini nontonlah filmnya Rhoma Irama berjudul Camelia)
  2. Pahlawan Moral, dia mungkin tidak bisa bertarung namun ia juga mempertaruhkan jiwa, hati, dan waktu , buat orang yang ditolongnya. Pahlawan jenis ini biasanya bersifat rada pramuka. (baik hati dan tidak sombong, trampil dan setia, hemat cermat dan bersahaja) contoh: kiai yang memberi fatwa dan menyontohkannya dalam perbuatan dia sehari-hari
  3. Pahlawan Cinta, pahlawan ini biasanya hanya berperan dalam urusan cinta. nyomblangin orang atau berupaya menjaga suatu hubungan agar tidak retak.. dia juga setia dan rela berkorban. Selain itu, dia juga berupaya memperhatikan kebutuhan cinta orang lain dan dirinya sendiri contoh: Agus, seorang tukang indomie rebus di Jatinangor, yang jarang berantem dengan istri dan tukang nyomblangin pelanggannya sama pelanggan lain.


Catatan lain: setiap pahlawan mungkin saja ditempatkan tidak hanya satu kategori.

2. Pahlawan Bohongan

Saya yakin pahlawan jenis ini hanya didapati di komik, novel, televisi, cerita radio, bioskop, dan imajinasi. Kebanyakan sih, para pahlawan ini memiliki kekuatan super atau aksi-aksi yang keren menurut imajinasi pembuatnya. Para pahlawan ini juga dapat diklasifikasikan dalam beberapa sisi.

  1. Kekuatan, biasanya dibagi dua, kuat atau biasa-biasa saja. Seorang Gundala Putra Petir pasti lebih jago dari Sawung kampret.
  2. IQ, ada pahlawan yang bloon dan yang jenius. Ada yang berfikir dengan cepat dan ada juga yang telmi atau telat mikir. Kalo pahlawan pinter sih bisa kita ambil contoh kayak McGyver. Sedangkan pahlawan bego bisa kita contohkan kayak Darkwing Duck.
  3. EQ, gak dipungkiri ada pahlawan yang baik dan yang bandel. kalu yang baik bisa kita lihat dari kehidupan pribadinya yang serba sempurna. Sedangkan pahlawan bandel sih biasanya kehidupan pribadinya rada acak-acakan dan gak teratur. Contoh Pahlawan ber-EQ tinggi adalah Brama Kumbara, sedangkan jagoan yang rada ngasal adalah Pendekar Mabuk.



Justice League
kalau dilihat dari segi fesyen, kita juga bisa melihat mereka dari beberapa kategori.
  1. Pahlawan berbaju rapi, kalau yang begini sih liat aja Dick Tracy, James Bond, atau The Avenger
  2. Pahlawan berbaju cuek, Mungkin anda bisa lihat Ace Ventura, Hulk ketika jadi raksasa ..( terserah deh.. pokoknya yang menurut anda pakaiannya gak rapi)
  3. Pahlawan berbaju norak, wah kalau ini sih banyak. Cobalah anda liat superhero buatan DC dan Marvel seperti Superman, Batman, Mr Miracle, dan Kapten Amerika yang pake celana dalam di luar.

    Kalau diklasifikasikan lagi sih makin.. banyak..cuma berhubung udah cape ngetik, topik ini akan dilanjutkan lain kali..

No comments: